12 Februari 2011

Artikel Demokrasi

Nama   : Dian Puspitasari
NPM   : 30109294
Kelas   : 2 DB 16
Tulisan softskill 4 : Pendidikan Kewarganegaraan


Artikel Demokrasi

Demokrasi di indonesia bisa dikatakan bahwa indonesia sangat berpotensi menjadi kiblat demokrasi di kawasan asia, berkat keberhasilan mengembangkan dan melaksanakan system demokrasi. Menurut ketua Asosiasi Konsultan Politik Asia Pasifik ( APAPC), prisulisto, keberhasilan Indonesia dalam bidang demokrasi bisa menjadi contoh bagi Negara – Negara di kawasan asia yang hingga saat ini beberapa diantaranya masih di perintah dengan “ tangan besi”. Idonesia juga bisa menjadi contoh, bahwa pembangunan system demokrasi dapat berjalan seiring dengan upaya pembangunan ekonomi. Ia menilai, keberhasilan indoesia dalam bidang demokrasi yang tidak banyak di sadari itu, membuat pihak luar termasuk Asosiasi Internasional Konsultan Politik (IAPC), membuka mata bangsa Indonesia, bahwa keberahsilan tersebut merupakan sebuah prestasi yang luar biasa. Prestasi tersebut juga menjadikan Indonesia  sangat berpotensi mengantar datangnya suatu era baru di asia yang demokratis dan makmur. Dalam kesempatan yang sama, presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono yang akrab di sapa SBY menerima anugerah medali demokrasi. SBY pun memaparkan panjang lebar perjalanan demokrasi indonesia. Menurutnya, demokrasi Indonesia merupakan jawaban terhadap skeptisme Perjalanan demokrasi di negeri ini. Beliau pun mecontohkan beberapa nada skeptic yang di tunjukkan kepada Indonesia. Pertama, demokrasi aka membawa situasi kacau dan perpecahan.

Demokrasi di Indonesia han yalah peru bahan rezim, dem okrasi akan memicu ekstrimisme dan radikalisme politik di Indonesia. Beliau pu menambahkan bahwa demokrasi di Indonesia menunjukkan islam dan moderitas dapat berjalan bersama. Dan terlepas dari goncangan hebat akibat pergantian 4 kali presiden selama periode 1998 sampai 2002, demokrasi Indonesia telah menciptakan stabilitas pilitik dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Selain itu, Indonesia juga telah berhasil menjadi sebuah Negara demokrasi terbesar di dunia dan melaksanakan pemilu kompleks dengan sangat sukses. Meski pada awalnya banyak yang meragukan pelaksanaan demokrasi di Indonesia, kenyataanya demokrasi di Indonesia saat ini telah berusia 10 tahun dan akan terus berkembang. Sebagian orang pernah berpendapat bahwa demokrasi tidak akan berlangsung lama di Indonesia, karena masyarakatnya belum siap. Mereka juga pernah mengatakan bahwa Negara Indonesia terlalu  besar dan memiliki persoalan yang kompleks. Keraguaan tersebut bahkan menyerupai kekhawatiran yang dapat membuat Indonesia Chaos yang dapat mengakibatkan perpecahan.

                Sementara itu, mantan wakil perdana menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, yang turut hadir menyebutkan bahwa demokrasi telah berjalan baik di Indonesia dan hal itu telah menjadikan Indonesia sebagai Negara dengan populasi 4 besar dunia yang berhasil melaksanakan demokrasi. Hal ini juga membuat Indonesia sebagai Negara berpenduduk Islam terbesar di dunia yang telah berhasil menerapkan demokrasi. Dia juga berharap agar perkembangan ekonomi juga makin meyakinkan sehingga demokrasi bisa disandingkan dengan kesuksesan pembangunan. Hal tersebut tentunya bisa terjadi bila demokrasi dapat mencegah korupsi dan penumpukan kekayaan hanya pada elit tertentu. Demokrasi, menurut Anwar Ibrahim, adalah pemberian kebebasan kepada warga Negara, sedangkan kegagalan atau keberhasilan ekonomi menyangkut system yang diterapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar