20 November 2010

TUGAS SOFTSKILL SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (E-COMMERCE)

NAMA            : DIAN PUSPITASARI
KELAS            : 2DB16
NPM               : 30109294
TUGAS           : SOFTSKILL SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
E-COMMERCE
E-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau dapat melakukan Transaksi secara online atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan) .

Adapun proses yang terdapat dalam e-commerce yaitu:
1.       Presentasi electronis(pembuata website) untuk product dan layanan.
2.      Pemesanan secara langsug dan tersedianya tagihan.
3.     Secara otomatis account pelanggan dapat secara aman (baik nomor rekening maupun nomor kartu kredit).
4.    Pembayaran yang dilakukan secara langsung(online) dan penanganan transaksi.
Contoh yang akan saya ambil disini adalah contoh pembelian baju secara online.Konsep yang terdapat pada pembelian baju online ini,sama dengan website pembelian online seperti yang lainnya.Disini saya akan menjelaskan bagaimana caranya belanja secara online.



·         CARA PEMESANAN
pemesanan yang dilakukan di website pembelian baju online ini ada 3 cara.
 1.order online via web:
step1.Login(untuk member) atau daftar (untuk yang belum menjadi member).
step2.Pilih koleksi dan masukkan kedalam keranjang belanja.
step3.Konfirmasi order.Periksa alamat pengiriman dan lengkapi nomor handphone yang bias dihubungi.Pilih rekening bank yang menjadi tujuan transfer.Langkah terakhir:Periksa order anda,nomor order dan link untuk melihat detail order anda akan dikirim ke alamat email anda,dan tunggu email/sms balasan yang berisi total biaya + ongkos kirim.Catat nomor order anda via email/sms/telepon.
2. Order via Email
Step1: pilih koleksi dan cata kode product yang ingin anda pesan.
Step2 : Email ke cs@baju123.com : kode product (warna/size),quantity,alamat pengiriman dan no handphone anda yang bias dihubungi.
Step3: tunggu email/sms balasan yang berisi total biaya + ongkos kirim dan no rekening untuk pembayaran.
3.order via sms/telepon
Step1 : pilih koleksi dan catat kode product yang ingin anda pesan.
Step2 : sms  dengan format nama,alamat,kota,kode pos,kode product1(warna/size), qty product; kode product2(warna/size),qty product2.
Step3 : tunggu sms balasan yang berisi total biaya + ongkos kirim dan no rekening untuk pembayaran.
·         CARA PEMBAYARAN
pembayaran yang dilakukan dalam website baju123.com yaitu melalui transfer ke salah satu rekening,di website ini menyediakan 4 rekening bank yaitu:
1.Rekening bank BCA
2.Rekening bank Mandiri
3.Rekening bank BRI
4.Rekening bank BNI
Setelah mentransfer salah satu rekening,silahkan anda konfirmasi pembayaran lewat email atau sms.





·         Cara pengiriman
Pengiriman barang dalam website baju123.com dilakukan dengan cara :
1.barang dikirim paling lambat besoknya setelah konfirmasi pembayaran.
2.harga barang,belum termasuk ongkos kirim.
3.pengiriman barang dalam negeri menggunakan jasa JNE.
4.pengiriman barang keluar negeri menggunakan jasa EMS.
5.status pengiriman order dapat dilihat pada cek  setting  & order dikatak login.

            Dalam website pembelanjaan online pasti mempuyai Dampak Positif dan Negatifnya.
Dampak positifnya, yaitu :
1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
3. Menurunkan biaya operasional(operating cost).
4. Melebarkan jangkauan (global reach).
5. Meningkatkan customer loyality.
6. Meningkatkan supplier management.
7. Memperpendek waktu produksi.
8. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).
Dampak negativenya, yaitu :
1. Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
2. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
3. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
5. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
6. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

Keuntungan produsen dalam pembelanjaan online atau website penjualan online lainnya,yaitu:
·         Kemampuan grafis internet mampu memperlihatkan produk apa adanya (natural) serta dapat membuat brosur berwarna dan menyebarkanya tanpa ongkos/biaya cetak.
·         Lebih aman membuka toko online disbanding membuka toko biasa.
·         Berjualan di dunia maya internet tidak mengenal hari libur,dan hari besar,semua transaksi bisa dilakukan kapan saja dimana saja.
·         Tanpa batas-batas wilayah dan waktu,sehingga memberikan jangkauan pemasaran yang luas dan tak terbatas oleh waktu.
·         Revenue stream (arus pendapatan) yang baru yang mungkin sulit atau tidak dapat diperoleh melalui cara konvensional.

Keuntungan konsumen dalam pembelanjaan online atau website penjualan online lainnya,yaitu:
  • ·         Memungkinkan transaksi jual beli secara langsung,mudah dan nikmat,maksudnya adalah proses jual beli yang terjadi dalam e-commerce tidak membutuhkan perantara,dimana proses transaksi yang terjadi langsung antara merchant dengan customer.Sehingga,hal ini memberikan suatu kemudahan karena tidak perlu suatu proses transaksi yang berbelit-belit dan cenderung lama,yang pada akhirnya hal ini memberikan kenikmatan terhadap customer dalam melakukan transaksi perdagangan melalui internet.
  • ·         Disintermediation adalah proses meniadakan calo dan pedagang perantara.Dengan kata lain,konsumen tidak perlu membayar lebih untuk sebuah barang atau jasa yang dibelinya.Penggunaan e-commerce merupakan proses transaksi langsung antara merchat dengan customer tanpa memerlukan perantara meskipun keberadaan para pihaknya jauh atau berbeda Negara,dengan e-commerce customer dapat mengecek langsung keberadaan barang yang dibutuhkan,serta mendapatkan harga yang langsung diberikan oleh merchant,sehingga biaya yang dikeluarkan tidak jauh lebih mahal.Hal ini berbeda dengan perdagangan secara konvensional,ketika seseorang dari suatu Negara membutuhkan barang atau jasa dari luar negeri,orang tersebut tidak mungkin mendatangi langsung penjual barang tersebut dinegaranya,karena hal tersebut tentu saja menambah biaya dan memerlukan cukup banyak waktu itupun belum termasuk dengan keberadaan barang yang dibutuhkan apakah masih ada atau telah habis,sehingga orang yang membutuhkan barang tersebut tentu saja membutuhkan perantara pedagang lain dalam hal ini adalah importer yang tentu saja harga barang yang dibutuhkan akan semakin mahal.

Keuntungan masyarakat umum dan pemerintah dalam pembelanjaan online atau penjualan online lainnya,yaitu:
  • Semakin banyak manusia yang bekerja dan beraktifitas dirumah dengan menggunakan internet berarti mengurangi perjalanan untuk bekerja,belanja,dan aktifitas lainnya,sehingga mengurangi kemacetan jalan dan mereduksi polusi udara.
  • Meningkatkan daya beli dan kesempatan masyarakat untuk mendapatkan produk atau service yang terbaik karena perusahaan yang mengeluarkan produk atau service dapat menjualnya lebih murah karena biaya produksi yang rendah.
  • Mengurangi pengangguran Karena masyarakat semakin bergairah untuk berbisnis karena cara kerja yang gampang dan tanpa modal yang besar.
  • Meningkatkan daya kreatifitas masyarakat,berbagai jenis produk dapat dipasarkan dengan baik,sehingga akhirnya juga membantu pemerintah untuk menggairahkan perdagangan khususnya usaha kecil menengah.

1 komentar: